Please visit www.rangga.yudhika.multiply.com for more complete page

Tuesday, July 31, 2007

Backpaker ke Bangkok (Day 1)

Di hari terakhir kita di S’pore, kita cuman packing2 barang n berangkat ke Changi Airport via MRT yang langsung tiba ke Changi. Tapi berhubung kita naik Budget Airlines, kita mesti naik Shuttle bus yang disedian gratis menuju ke Budget Terminal. Oh iya, disini kita juga nyobain minum air dari keran khusus u/minum air.. Dingin banget.haha..
Setelah ngantri cukup panjang u/check-in, kita masuk ke pintu imigrasi. Disini saya sempet ditanyain tentang kartu masuk Singapore.. Sempet bingung juga sih, takutnya ilang.. Untung masih disimpen di Map Paspor. Di Waiting Room ada Internet dan Laptop Zone.. jadi bisa maen internet gratis.. Lumayan ngisi waktu.
Kita juga beli Laksa, Mee Rebus dan Mee Tiam di Kopitiam. Totalnya S$9.2. Lumayan murah u/ukuran di bandara… Jadi seluruh pengeluaran kita di S’pore masih under budget 90 dollaran… Lumayan juga..

Kita naik pesawat Tiger Airways seharga 350rb-an per orang yang uda kita booking dari lama dengan perjalanan 2 jam 10 menit. Tuh pesawat ampir 70% mungkin orang bule deh… Padahal itu budget airline loh, berarti bule2 aja pada pergi ngirit.

Begitu sampe di Bandara Suvanarbhumi, wow gede banget deh tuh bandara. Puluhan penerbangan internasional kumpul disini. Waktu buat ngantri di Passport Control aja ampir sejam kali. Pertama kali juga nih dilayanin ama gadis2 Thai… ^_^. Kita juga diminta nyerahin Paspor, Boarding Pass dan Kartu Imigrasi Thailand yang kita isi di pesawat.

Kita menuju ke Big John’s Hostel di Jl Sukhumvit 55 via taxi meter bandara (lantai bawah). Kita harus bayar Airport Service seharga 50 bath ditambah sama argo yang ada di taxi. Total biaya taxi 200 bath. Lebih kecil 80 bath dari budget kita. Sempet ngerasa beda banget sih begitu liat jalan2 di Bangkok. Biasa liat jalan yang rapih banget di S’pore), di Bangkok jalanan ga beda banget ama Jakarta. Pedestrian road rada2 rusak, n mobil juga cukup banyak. N 1 lagi, setelah 4 hari di s’pore mendung, disini PANAS BANGET !

Akhinya kita tiba di hostel cukup keren yang di-owned sama bule Australia ini. Kita pesen kamar triple via http://www.hostelbookers.com/, web yang sediain jasa hostel2 backpaker seluruh dunia. Enaknya, ga ada booking fee ! So, kita baru bayar sebesar 1296 bath (60rb per org per malam) untuk 2 malam pas arrival. Kita langsung dikasih tiket diskon breakfast 30 bath per orang dan free beer 1 gelas. N kita juga dapet free internet u/20 menit dengan biaya overtime 1 bath (280 rp) per menit. Kamar yang kita dapet enak juga, dapet selimut yang nyaman n AC. 1 lantai ada beberapa kamar n ada 2 shared bathroom (plus hot water loch) . Kita sendiri dapet di lantai 5 ! Tapi enaknya, di lantai paling atas, kita bisa jemur2 baju yang kita cuci… Kalo pake laundry sini, 20 bath per Kg. Kan lumayan ngirit..haha..

Sebelom pergi, kita tukerin dulu kupon beer kita. Tapi berhubung ade2 saya masih dibawah umur, jadi ga boleh deh ^_^. Hostel ini juga nyedian transport ke berbagai sudut Thai (phuket, chiang mai dll). Berhubung ni hostel punya bule, banyak banget bule yang stay disini. Kebanyakan pada backpacker dengan ransel2 yang jauh lebih gede dari punya kita pula…

Kita pergi menuju Chatuchak Weekend Market via BTS (Bangkok Sky Train). Kebiasaan pake Ez-Link di S’pore, kita jadi bingung banget gimana cara beli tiketnya. Ternyata disini system n model BTS nya sama persis sama MRT-nya S’pore. Jadi bingung siapa yang nyontek dan dicontek. Tapi orang sini lebih banyak pake tiket per trip. Caranya pilih lokasi tujuan kita dan masukkin uang koin 10 bath yang uda kita tukerin di loket dan tinggal ngambil kartu yang keluar dari ticket machine.

Begitu sampe BTS Mo Chit (40 bath per orang) , kita langsung masuk ke Chatuchak Park, area taman yang cukup luas. Banyak orang2 Thai yang nyantai2, karena kebetulan hari minggu. Kita juga sempet beli cumi garing yang dijual ama ibu2 yang gotong keranjangnya. Kendala bahasa sempet terjadi >_<. Dia bilang SIX bath. Saya kasih 10 bath, kok ga dikembaliin. Ternyata yang dia bilang itu SIPH bath, yang artinya 10bath ! Terus kita juga berhasil pesen makanan pertama kali di Thai. Kita bertiga makan sejenis Chicken Rice seharga 25 bath doang + air mineral 10 bath ! Ngebandingin ama S’pore kayaknya bisa hunting makanan disini nih, karena harganya murah banget !

Pas nyampe ke Chatuchak Market, kita langsung WAH banget deh. Segala jenis barang dan makanan ada di Pasar yang cuman buka Sabtu dan Minggu ini. N turis dari berbagai dunia kayaknya ada disini dech. Kita langsung pesen Thailand Coconut, kelapa kecil yang super duper manis n enak (20 bath). Sambil jalan2 keliling, hunting makanan terus terjadi.. haha. Kita pesen teh tarik (15 bath) yang dicampur sama susu dan dituang ke kantong plastic penuh es.. wah enak banget !!! Pas jalan2, banyak banget barang murah de.. saya dan adik saya juga beli baju kaos dan kemeja masing2 80 bath !. Berarti cuman 23 rb ! Chatucak cuman buka ampe sore aja. Terus kita lanjut naik MRT ke Suan Lum Nigth Bazar (40bath). Kalo naik MRT sedikit beda sama BTS. Kita cuman dikasih koin hitam yang uda diisi zona tujuan kita.

Suan Lum Night Bazar tuh semacam area yang ada makanan pinggir jalan biasa, ada bazaar, ada juga food center yang keren banget.. Kita makan di tempat keren itu dengan nukerin kupon dulu. Yang murah ada, yang mahal juga ada. Tentu aja kita milih yang murah. Saya milih set nasi + babi garing size Large (45 bath). Ade saya milih set nasi + chicken (35 bath) n juice (25 bath). Sendok dan garpu yang buat makan disini bisa dicelupin dulu ke tempat air panas, buat ngebersihin x yah…

Pas mau jalan keluar, kita ketemu DUREN BANGKOK (40bath per Kg). Langsung kita bantai 2Kg duren..enak banget. Sebelahnya juga ada es krim Thai (10 bath).
Next kita naik MRT ke Thong Lo (20 bath). Pulangnya kita sempet beli Mineral Water di 7 eleven (12 bath) 1500ml. kayaknya di 7 eleven paling murah dech. Balik ke hostel n make free internet coupon, ternyata kita pake sepuasnya juga ga pa2. Haha. Disini asiknya juga free Wi-Fi, jadi asik deh pake laptop sendiri. Padahal bule2 aja jarang yang bawa laptop.
Malem pertama kita di Bangkok nih. N kita istirahat buat jalanin Full Day Tour deh besok

 
Google