Please visit www.rangga.yudhika.multiply.com for more complete page

Friday, July 27, 2007

Backpaker ke Singapore via batam

Finally kita bertiga mulai ngejalanin tour backpaker kita. Perjalanan kita dimulai ketika kita terbang ke batam naek pesawat murah lokal kita (baca: AirAsia). Dengan peraturan no 1 dari backpacker ( MEMESAN TIKET JAUH-JAUH HARI), terbang ke Batam emang murah bgt, cuman 300ribuan per orang. Padahal waktu book filght itu, pesawat lokal laen udah charge 400-500 ribuan.. >_<
Sambil dianter bokap-nyokap, kita terbang dengan flight paling pagi (06.40) dan sampe di batam jam 08.15... Ternyata Bandara Hang Nadim ini lumayan juga.. Disini juga jadi pengalaman addik-adik saya juga nich buat naek pesawat.. CoNgRaT yah..he2..

Turun dari Bandara tentunya harus ngambil tas-tas backpaker kita n titipan wajib orang s'pore, Mie Instant indo yg terkenal enak n Makanan-makanan yang uda di frozen. Karena di s'pore ini kita bertiga dapet uluran tangan dari temen lama saya - Ariadi - buat stay di apartment dia.. Thx yach..
Then di bandara jangan lupa beli ticket ferry dari Batam Center ke Harbour Front (S'pore), karena kalo beli langsung di Batam Center lebih mahal sekitar S$2 (buat backpaker berarti banget tuh !) Tiket one way harganya S$12 atau 72rb.. Berhubung saat itu kurs beli lagi 6020, buat menghemat beberapa rupiah jadi saya beli pake Rupiah aja.
Tiket return malah cuman S$14 atau 84rb..cuman selisih 12 rb uda bisa balik lagi ke Batam..Tiket berlaku open tiket loh, jadi cukup lama deh masa berlakunya (kalo ga salah 6bulan). Nah di Batam Center sendiri ada operator Ferry Batam Fast dan Penguin. Karena ngejar jadwal, kita akhirnya milih Batam Fast. Jadwal keberangkatan setiap ferry selisih 1 jam, so ga usa khawatir ketinggal kereta , eh ferry maksudnya ^_^

Dari Bandara ke Batam Center cukup keluar bandara n nyari taxi aja. Tarif ke semua daerah uda ditentuin. Ke Batam Center cuman Rp 70000 dalam waktu 15 menit !
Di Batam Center jangan lupa buat check-in di counter ferry yang dipilih, letaknya ada di sebelah kiri dari pintu masuk. Terus kita disuruh nyerahin paspor dan tiket yang uda kita beli beserta seaport tax S$3. Nanti kita dikasih boarding pass deh..
Masih di lantai 1, jangan lupa bayar fiskal, cukup serahin paspor dan duit Rp500.000 (kalo dari Bandara Soekarno Hatta 1 juta !!!), nanti kita dikasih print surat fiskal.

Berhubung kita mau hemat, kita makan dulu di Batam Center yang saking buru2nya ampe dibungkus. Karena boarding ferry yang di lantai 2 ditutup 15 menit sebelum keberangkatan, so mau ga mau harus masuk ruang boarding dulu sebelum tertinggal.
Ruang tunggu boarding-nya juga keren. Apalagi turis-turis dari Jepang yang cantik-cantik ^_^. Selanjutnya kita tinggal serahin aja boarding pass kita sama petugas yang rada-rada jutek itu.

Di Batam aja, kita uda bisa ngeliat tingkat kedisiplinan yang tinggi. Karena kebiasaan orang Jakarta yang seradak-seruduk, saya ga ngeliat lagi ada garis kuning buat ngantri. Akhirnya ditegor dech >_<

Ferry-nya sendiri terhitung mewah, dengan dvd player dan sofa yang wuenak , dibanding ferry dari merak ke lampung mah jauh banget.
45 menit perjalanan pun ga berasa karena diputer film Mr.Bean... haha

Sambil jalan, sebenernya jantung juga uda deg-deg an. Maklumlah 1st time keluar negeri u/ke negeri orang ^_^.. Dari dalam ferry, kita uda bisa ngeliat sedikit pulau sentosa dan cable-car nya yang keren itu. Bangunan-bangunan tinggi singapore pun uda terlihat banget.
Akhirnya kita tiba di Harbour Front.. Wow imigrasinya yang ketat bikin kita deg-degan banget. Takut aja dideportasi. Untung ga ada apa2 :) ..Disini dilarang foto-foto loh.
Then we arrive to SINGAPORE !!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

 
Google