Please visit www.rangga.yudhika.multiply.com for more complete page

Friday, July 27, 2007

Backpaker ke Singapore (day 1)

Betapa terkejutnya kita, ternyata s'pore tuh more than our expected BUANGET.. Imigrasinya yang keren banget uda jadi awal kekaguman kita ... Di Harbour Front Center aja, orang-orang dari berbagai penjuru dunia kayaknya ada disini. Ada yang bule, negro, asia, putih dll deh.. gile banget. Mal yang cuman terletak di pelabuhan ini aja uda keren banget3 dech..

Sebenernya kita langsung mau naik MRT ke Aljunied, eh ngeliat ke kaca luar, kita tertarik u/ke depan jalan raya dulu.. wow udara begitu segar, jalan-jalan yang lenggang, kebersihan dimana-mana - tergambar dari jembatan fly-over yang bersih banget-. Kita pun tentu aja harus foto, foto dan foto. Dari Objek-objek yang berupa benda, landmark ampe diri sendiri yang kadang jadi objek..haha..

Masuk ke MRT, kita lebih takjub lagi..cuman ada 1 Passenger Service buat top-up kartu atau nanya-nanya info, ga ada tuch petugas yang bejibun... Disana ada juga beberapa mesin reload u/ngisi kartu per trip dengan uang logam ataupun kertas. Tapi sedikit lebih mahal dibanding pake ez-link.

Ez-link card sendiri berlaku per orang, harganya S$15, S$5 u/beli kartu, S$3 u/deposit. Berhubung saya dapet pinjaman dari teman (Thanks Mer), jadi cuman 1 kartu aja yang beli. Yang dua lagi cuman refill aja dengan top-up S$10.
Hebatnya lagi, naik MRT tinggal langsung tap aja tiket kita ke loket masuk.. wow..untung ga gagal deh di first chance kita.. kan malu-malu in juga..he2. Tap-nya sendiri juga bisa pake dompet atau tas yang dalamnya ada Ez-Link.. WOW !

Di dalam train MRT nya juga keren banget-banget an deh.. Orang-orang begitu tertib nunggu giliran orang lain yang keluar. Info kedatangan kereta pun diinformasikan per menit.
Di Singapore jangan takut nyasar, info serta peta ada dimana-mana. Ambil aja semua brosur-brosur yang ada. Yang penting ga buta huruf, mau jalan n nanya, dijamin bisa keliling2 dech.

Akhirnya kita sampe di MRT Aljunied.
Cuman bermodalkan peta kecil lokasi apartment teman saya, akhirnya kita sempet nyasar-nyasar. Dimana-mana apartment semua, kita uda naik ke lantai yang benar, tapi ga ada unit yang dituju.. Tenyata, kita salah nama jalan. Seharusnya Paya Lebar Way, tapi masuk ke Geylang Road. So, meski block dan unit nya uda bener, tapi percuma aja... Singapore malah menyambut kita dengan hujan. Untungnya, bisa ampe juga ke apartment Ariadi.. ^_^

Sorenya kita mulai ngejalanin itinerary yang uda kita buat. Pengen sight-seeing, jadi naik SBS Transit (Bus Singapore) menuju City Hall. Jalanan singapore kecil dan ada bus juga, tapi semua lancar-lancar aja. Jalanan pun lenggang dari mobil, karena katanya di s'pore ini pajak mobil gede banget. Jadi ga semua orang rela punya mobil.
Turun di City Hall MRT, kita langsung disajiin pandangan khas s'pore, shopping, shopping dan shopping. Setiap lorong MRT ataupun subway diisi toko-toko semua. Mal-mal di sekitar sini pun nyambung semua dengan subway. Buset deh ga kebayang gimana pembangunan-nya dulu.

Di City hall terhitung banyak banget objek wisata. Cuman dengan jalan-jalan aja kita bisa liat Swiss Hotel yang katanya hotel tertinggi di dunia dengan ketinggian lebih dari 70 lantai. S'pore punya banyak banget gedung-gedung hotel atau perkantoran yang keren banget. Lanjut, ada ESPLANADE, gedung dengan arsitektur tinggi yang fungsinya seperti Sydney Opera House. Lanjut ada riverside yang bisa ngeliat gedung-gedung seperti FULLERTON HOTEL, MERLION (landmark no 1 s'pore)... Pederstrian road di s'pore tuh bener-bener nyaman. Lanjut lagi kita ke Lim Bo Memorial,Parlement Court(gedung berasitektur tinggi),
Padang (lokasi kemerdekaan singapore yang sekarang jadi lokasi lapangan bola dan kriket di tengah-tengah gedung tinggi).
Kita juga sempet keliling dari dalam komplek gereja Katedral St Andrew disini.
Nah selanjutnya kita ke Rafles City yang diterusin ke Suntec City. Kita juga
.Then kita ke War Merorial Park (tugu yang tinggi banget), sambil jalan terus ke Suntec City Mall (lagi-lagi mall). Suntec ini ada 5 tower diatasya. Di subway nya tuh mall semua.

Yang paling keren, di tengah kelima tower itu, ada Fountain of Wealth (kolam pembawa keberuntungan). Karena gratis, kita coba-coba untuk ngantri supaya bisa megang air sambil keliling kolam itu. Eh tenryata malemnya kita bisa ngeliat multimedia show yang super duper keren. Air mancur dan lampu-lampu serta tampilan grafik yang keren banget bisa disaksikan dengan gratis.
Mau keluar dari suntec aja bingung, karena saking gedenya.
Kita mutusin untuk naik bis ke Aljuned lagi, tapi dasar sok tahu, nyari-nyari bis yang kesitu malah ga dapet2. Muter-muter ke setiap bus stop ampe hopeless, kita balik lagi ke MRT City Hall yang sebenernya uda kita lewatin berkali-kali.

Ga berasa uda jam 9. Oh ya, jam 8 tuh baru mulai gelap di s'pore..aneh juga.. Kita mutusin untuk makan malem di ruko pinggir jalan. Di s'pore ga ada kaki lima..mereka jualan di ruko-ruko yang ngumpul jadi satu. Karena bingung mau pesen apa, akhirnya makan Muslim Food n pesen Sop Kambing (S$3) yang banyak banget. Disini kayaknya porsi makan-nya gede banget.

Akhirnya kita nyampe apartment lagi jam 10. Terlintas ini baru hari pertama, tapi udah banyak banget yang dijalanin.
N 1 lagi, hari ini saya nobatkan sebagai "Hari Terjauh Berjalan Kaki". Pulang-pulang langsung pakai conterpain, maen internet dan istirahat"