Please visit www.rangga.yudhika.multiply.com for more complete page

Friday, August 03, 2007

Backpacker ke Phuket (Day 1)

Setelah perjalanan dan tidur yang cukup nyenyak, tiba2 kita dibangunin jam setengah enam pagi. Entah org2 thai bilang GET UP NOW atau GET OUT NOW, yang pasti itu uda cukup bikin kita shock di tengah tidur yang lagi nyenyak2nya. Entah apa yang terjadi, kita diturunin di kedai yang ada Travel nya juga. Tanpa ada petunjuk apapun, bus dan org2 di dalamnya pergi begitu aja >_< color="#ffff66">Phuket tetep ga tau gimana nasibnya . Hiks hiks…
Akhirnya setengah delapan, bus atau tepatnya angkot pun dateng. Ternyata kita uda ada di Surat Thani, di wilayah selatan Thailand. Kita bertiga ditambah sekitar 5 orang pun dibawa ke travel yang jaraknya cuman 10 menit. Ampe disana, kita lebih shock lagi !

Kita dikasih dua tawaran, kalo mau jalan ke phuket dalam beberapa menit ke depan dan dianter langsung ke hotel tujuan, kita mesti bayar 500 bath per orang !!! Bayangin aja, kita bertiga berarti 1500 bath, atau sekitar 450- rb ! Saya dilemma banget, karena kalo ga terima tawaran pertama itu, berarti kita mesti nunggu sekitar 1 jam setengah lagi dan di phuket pun bus nya cuman sampe di Phuket Town aja, atau setengah jam dari Patong Beach, lokasi yang kita tuju.

Uda gitu tinggal 1 turis cewek bule aja yang belom terima tawaran itu, karena ke-3 bule borju itu terima tawaran pertama >_<. Akhirnya saya pun nanya2 ke ce bule itu, dalem hati berpikir kalo semua nya ikut yang tawaran pertama u/bayar, mau ga mau kita harus join daripada cuman jadi turis kesasar sendiri aja. Belom lagi kalo diboongin sama tuh agen travel kalo bus jam 9.40 itu juga ga dateng. Eh ternyata tuh ce bule juga keberatan kalo bayar 500bath, n akhirnya kita nunggu u/bus yang kedua. Sambil nunggu, rian beli makanan ayam + nasi (20 bath). Ayam nya enak juga loh. Sambil nunggu juga, saya ngobrol2 ama ce bule yang dari khaosan road pun uda bareng2 kita itu.

Ternyata dia org Amrik, tapi ga suka tinggal di amrik. Then dia mau kerja jadi English teacher di phuket supaya bisa sekalian jalan2. Dia juga pernah ngajar di Jepang dua tahun. Kita ngobrol2 banyak juga sampe sejam. Ternyata pandangan orang luar tentang indo tuh banyak ga baik nya juga, ada teroris lah, ada gempa bumi lah.. haha, tapi sebagai orang indo pastinya saya mempromosikan indo dong. Cewek itu orang kedua yang jadi prospek saya selama perjalanan ini.haha N bus pun dateng juga, ternyata semacam bus umum antar kota gitu aja. Beda jauh banget sama bus VVIP yang keren semalem. Tapi it’s okay lah daripada cuman nunggu di Surat Thani aja. Setelah jalan tanpa tau arah tujuan, kita stop bentar. Sekalian buat ngisi perut juga. Makan sayur prasmanan gitu (20 bath). Menyingkat cerita, trip backpacker kita ke phuket sampe juga. Kita nyampe di phuket town jam 4
Disana kita langsung nyari2 tiket buat ke KL 2 hari kemudian. Takut ga dapet soalnya. Akhirnya kita beli join tiket seharga 1200 bath-an di Bus Station, daripada repot-repot beli tiket terpisah PHUKET - HAT-YAI sama HAT-YAI - KL. Kita juga sempet nyari tiket buat one day tour ke phi-phi besoknya, n ditawarin 1200 bath sebelom akhirnya ditawarin 1100 bath doang. Jelas aja saya tolak, karena dari cerita2 yang saya dapet, harganya cuman sekitar 900 bath. Dari phuket town kita naek Thuk-thuk yang agak beda daripada yang di Bangkok. Setelah tawar2, akhirnya harga 400 bath pun turun jadi 300 bath. Setengah jam perjalanan dikejar2 rasa was-was, takutnya kita ga sempet maen ke Patong Beach, lokasi pantai paling bagus di Phuket ! N setelah kita check in di Crown Hostel Backpaker, kita langsung beli tiket tour ke phi-phi yang cuman 900 bath sama hostel kita. Kan lumayan tuh, uda ngirit 200 bath per orang dari yang ditawarin tadi. N tanpa ba-bi-bu, kita taro barang di kamar yang enak juga.. AC-nya lagi2 dingin banget. Kamar ini murah juga, cuman 200rb per malem u/bertiga. Uda gitu ternyata ownernya kasih kita dua kamar buat bikin kita nyaman,. Tapi dengan berat hati, kita pilih 1 kamar aja. Kita pilih hostel ini karena lokasinya deket banget ama Patong Beach n Bangla Road yang ngetop itu. Kita langsung nyebur ke Patong Beach, pantai sejenis kuta tapi pesisir pantainya lebih panjang aja ke darat. Air nya pun lebih kebiruan daripada air kuta yang item.

Selesai berendem2, kita foto2 dulu..haha. Mumpung lagi ada di daerah kepulauan terbaik kedua setelah Bali.. hehe.Phuket termasuk salah satu lokasi yang kena gempa dan tsunami taon 2005. Patong Beach ini juga lokasi yang cukup parah. Owner hostel kita aja masih trauma ampe sekarang.

Abis mandi n nyantai2, kita nyari makan n cari internet café murah. Ternyata semurah apapun disini, tetep aja mahal. Kita ketemu satu street vendor yang jual makan tenda. Tapi harganya 40 bath seporsi ! Bandingin sama menu serupa, tapi 25 bath di Bangkok ! Tapi itu uda termasuk murah dibandingin kita makan di sepanjang jalan yang isinya cafe2 n bar2 bule semua.

Abis makan kita jalan bentar ke Bangla Road, jalan yang super duper rame n kalo malem ditutup buat akses mobil / motor. Disini juga banyak bencis-bencis (Baca : Bencong) berkeliaran. Tapi disini bener2 kayak cewek banget dech.. Konon, kalo mau foto ama mereka kita mesti bayar 100 bath. Ih sayang sayangin aja. Red light district disini emang berasa banget sich..

Abis kelar liat2, kita maen internet yang AKHIRNYA dapet dengan harga 50 bath per jam..

N malem ini kita istirahat buat tour ke phi-phi besok.. Jadi penasaran kayak apa Phi-Phi ...

 
Google