Please visit www.rangga.yudhika.multiply.com for more complete page

Sunday, August 05, 2007

Backpacker ke KL (Day 1)

Setelah tidur di bus yang empuk banget itu, jam 4 pagi kita sampe ke Puduraya Station. Disana kita rencananya mau jalan kaki aja ke hostel nitip barang2 kita. Eh ternyata om yang baik itu malah ajak kita naek taksi dulu ke hostel baru dia balik kerumahnya. Padahal kita mau bayar, eh dia malah ga mau. Terhitung mahal juga 15 ringgit u/jarak sedeket itu. Katanya di KL ini, taksi emang pada belagu2 n getok harga banget.

Kita sampe di Haven Guesthouse, deket jalan Pudu n Bukit Bintang , yang masuk kawasan Golden Triangle di KL. Begitu masuk langsung banyak bule2 yg lagi ngobrol sambil nge-bir. Kita terpaksa bangunin owner hostel u/ijin nitip barang, karena check in baru bisa diatas jam 12. Jam setengah 5 setelah taro barang, kita jalan menuju Petronas Twin Tower atau KLCC. Di jalan ketemu banyak makanan pinggir jalan yang masih buka n rame banget gitu. Jadi serem kita sampe ke Negara orang di pagi2 buta gitu.

Kita rencana langsung menuju ke Petronas, tapi ternyata disitu daerah yang ketat banget. Jadi kita duduk2 di trotoar deket situ sampe jam 6, sebelom akhirnya mendekat pelan2 ke depan Petronas ! Sambil nunggu disana, kita malah ngobrol2 sama 2 satpam disitu. Ngobrol banyak juga loch, dengan bahasa melayu mereka ^_^ .

Jam 7 pas mereka ganti shift, kita masuk ke dalam Suria KLCC, mall di tengah2 petronas 88 lantai itu. Ternyata kita baru tau kalo lokasi ngambil tiket skybridge tuh ada di basement, jadi jam setengah 8 kita baru menuju loket u/antri tiket gratis. Meski loket baru buka jam setengah 9, tapi yang ngantri sebelom kita uda sekitar 100 orang loch !! Kesel juga dalem ati, kita uda dateng jam 5 kesini, tapi malah dapet belakangan ! Hiks hiks.. tapi ga pa2 dech, yang penting bentar lagi bisa naek ke tengah2 Gedung yang pernah jadi gedung tertinggi di dunia ini ^_^

Akhirnya setelah berdiri satu jam, jam 9 kita dapet giliran u/masuk jam 9.30. Yang ngantri uda bukannya rame lagi, tapi ampe tuh lantai ga muat lg. Sambil nunggu, kita masuk ke Ruang Pameran Twin Tower, gedung yang pernah jd gedung tertinggi di dunia sebelom dikalahin sama Taipei 101 dgn ketinggian lebih dari 500 meter. Meski begitu, Petronas ini tetep jadi Twin tower tertinggi ampe skrg dgn ketinggian 487 meter !!! Kedua tower ini memiliki 88 lantai dengan kecepatan lift per lantai adalah 1 detik !!! Nah petronas ini juga punya sky-bridge di lantai 41, ketinggian 170 meter dan panjang 42,6 meter. Sky-bridge dan puncak menara ini emang dirancang u/bisa nahan kecepatan angin hingga 180 km/jam !

Nah sebelom naek ke atas jembatan, kita dikasi sajian 3-D ttg perusahaan petronas n juga gedung petronas itu sendiri. Akhirnya kita naek ke lantai 41 ! Disitu kita dikasih waktu 10 menit u/jalan ujung ke ujung n foto. Wah seru juga berada diatas… Begitu keluar loket, ternyata tiket masuk yg ngnatri uda nyampe yang jam 5.30 ! Bayangin, padahal masih jam 10, tapi ngantri uda buat jam 5-an.

Kita juga nyempetin ke Suria KLCC, mal yang terletak di tengah2 Petronas. N disana ada Petrosains (12 RM) dan juga petrosains speed (5 RM). Kita milih petrosains speed u/hemat duit..haha. Di dalemnnya keren juga, semacam iptek gitu yg bisa kita maenin sendiri. Yang paling seru tuh pas kita gerakin bola dengan pikiran kita. !

Petronas ini terletak di area yang elite banget. Tapi yang bikin saya kaget, di daerah gedung2 tinggi gitu, ada kolam renang dan taman umum yang bisa dimaenin gratis !

Dari situ kita rencananya mau naek Bis Rapid KL yang cuman 2 RM per hari menuju KL Tower. Tapi bis nya kok ga dateng2. >_<

Akhirnya kita mutusin buat jalan kaki aja ke KL Tower. Di KL, tamannya terhitung bagus n indah. Kotanya mirip2 sama S’pore. Tapi ya gitu, rada ga teratur juga kayak Jakarta. Nyebrang bisa dimana aja, n ada macet juga. Yah, tiap daerah punya keunikan sendiri. Di tengah jalan kita juga nemuin kayak toilet yang nyaman n kayak semacam kulkas gitu cuman dengan bayar 20 cen aja !.

Ternyata n ternyata, letaknya KL Tower itu diatas bukit, so mau ga mau dengan berpeluh kesah, kita naek tangga setapak demi setapak sebelom naek ke KL Tower (20 RM). KL Tower sendiri merupakan menara tertinggi ke-5 di dunia (421 m) dengan menara tertinggi tuh CN Tower kanada (553 m). Dengan bayar 20 RM, kita naek lift super cepet n nyampe di ketinggian yang amat tinggi. Dari situ bisa liat petronas jadi setinggi kita..haha..

Karena ngejar waktu u/anter rey pulang, akhirnya kita balik ke hostel u/check in n beres2 via Monorail. Monorail nya sih cuman kayak MRT s’pore yang menuju sentosa, dengan 2 gerbong aja. Kita sempet makan dulu di resto sebelah hostel, totalnya 15 RM. Disini air 1,5 L harganya paling murah 1,5 RM. Berarti sekitar 3rb-an, terhitung mahal juga sih. Hostelnya sendiri terhitung enak dgn kamar dorm yang cuman 125rb berdua + internet + kopi, roti n teh sepuasnya. Haha. Tapi owner nya agak2 jutek n ga asik gitu. Masak rey mau numpang mandi aja harus bayar 14 RM. Disini saya juga ngobrol2 sama backpacker dari kanada, London yg emang gila backpacker banget. Wow.. at least saya punya cerita dari S’pore, Bangkok n Phuket..haha

Abis dari hostel, kita nyobain LRT-nya KL, semacam BTS di Thailand deh. Kali ini kita menuju ke Masjid Jemak yang ngetop n ke Medan Pasar, lokasi jual2an pinggir jalan gitu. Dari situ kita juga mampir ke Chinatown.. Wow disini rame banget loh..n murah banget juga. Kita awalnya uda mau beli baju yang kita tawar2 ampe jadi 10 RM. Tapi karena ukurannya ga pas, kita beli 1 aja. Eh di depan, ada baju yang dijual 1 price, 5 RM !!! Akhirnya tanpa ba-bi-bu mau beliin buat siapa, langsung kita beliin baju2..haha. Total buat beli baju 75 RM ! haha.. abis murah banget loh, berarti 1 baju cuman 12500, karena kurs beli 1 ringgit 2600 gitu dech. Sejalan sama Chinatown ada Petailing street, semacam pasar2 juga gitu. Dari situ kita nganter rey ke KL sentral via LRT. Disana ada shuttle service ke LCCT (Lower Cost Carrier Terminal) Air Asia dengan biaya 8 RM. Tapi kalo naek shuttle servicenya Air Asia sendiri 9 RM. Kalo mau ke KL International Airlines, mesti naek monorail 35 RM !

Di KL sentral gede banget kayak bandara aja, karena emang banyak interchange disitu. Di KL sentral kita juga uda beli tiket terusan ke Genting buat besok pagi jam 8, harganya 26 RM ditambah 8,3 RM u/tiket pulang karena kita ga pulang di hari yang sama. So, setelah makan malem di pinggir jalan (10 RM), kita packing2 n maen internet u/besok bangun pagi2 buat ke KL Sentral.